Pages

Subscribe:

Labels

About Me

Senin, 03 Desember 2012

Tanaman Herbal Untuk Kulit



7 TANAMAN HERBAL UNTUK KULIT

1. Lidah buaya

Lidah buaya (aloe vera) memiliki sifat-sifat penyembuhan yang sudah dikenal selama lebih dari 1.000 tahun.
Gel lidah buaya yang diaplikasikan ke kulit berfungsi sebagai pelembab, disinfektan dan merangsang proses regenerasi. Bila kulit Anda memar atau berjerawat, lidah buaya dapat mengurangi peradangan dengan menghambat pembentukan hormon bradikinin dan prostaglandin. Selain itu, karena memiliki efek tabir surya, lidah buaya juga dimanfaatkan sebagai aditif dalam produk-produk tabir surya.

2. Teh hijau

Teh hijau (Camellia sinensis) telah diminum sejak 5.000 tahun yang lalu. Tidak seperti pada teh hitam, enzim tanaman pada teh hijau tidak dilemahkan dengan pemanasan langsung setelah dipetik. Teh hijau mengandung tanin, polifenol, kafein dan fluoride.
Ekstrak teh hijau dengan konsentrasi dua persen sudah cukup untuk melindungi kulit terhadap radikal bebas. Ekstrak teh hijau digunakan dalam produk-produk kosmetik untuk penuaan kulit dan perlindungan UV (tabir surya).

3. Bengkoang

Bahan alami untuk perawatan kulit lainnya adalah bengkoang (Pachyrhizus erosus). Umbi tanaman ini telah secara turun-temurun digunakan di Indonesia sebagai masker, lulur, pembersih wajah, dan pelembab. Kandungan air bengkoang yang tinggi memiliki efek melembabkan, merelaksasi dan menyegarkan kulit wajah.
Seperti bahan alami lain yang bermanfaat bagi kulit, bengkuang mengandung antioksidan vitamin C, flavonoid, dan saponin yang berperan mencegah kerusakan kulit oleh radikal bebas. Bengkoang juga memiliki manfaat lain sebagai pemutih, berkat zat fenolik di dalamnya yang menghambat proses pembentukan melanin (pigmentasi) akibat sinar UV matahari, bekas jerawat atau efek samping kosmetik.


4. Buah jeruk

Jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C, yang bisa membantu regenerasi dan perbaikan sel kulit.
5. Bayam

Sayuran berwarna hijau ini mengandung lutein yang mampu menjaga kulit dari dehidrasi dan selalu tampak lebih muda.
6. Mawar
Mawar berfungsi untuk mebersihkan kulit wajah dari kotoran-kotoran yang menempel. Caranya, kumpulkan sepuluh kuntum bunga mawar, kemudian remas-remas. Air hasil remasannya diambil dan digunakan untuk membersihkan kulit wajah.
7. Mentimun
Fungsinya :
Mentimun dapat digunakan secara teratur untuk mendinginkan wajah, relaksasi, menghilangkan kerutan di kulit wajah, dan mengencangkan kulit
Cara Membuat:
Keringkan 1 buah mentimun. Pengeringan tidak dilakukan di bawah sinar matahari langsung, tetapi cukup diangin-anginkan saja. lalu tumbuk hingga menjadi bubuk
Cara Pemakaian:
Cara memakainya sama saja seperti memakai bedak. Selain di jadikan bubuk, mentimun juga dapat digunakan dalam keadaan segar. Caranya, buah mentimun diiris tipis, kemudian potongan mentimun segar ditempelkan di kulit wajah
.

0 komentar:

Posting Komentar